Mempelajari Tentang LINUX………..????

Dalam melihat kemajuan dan perkembangan di Dunia  IT ( Informasi dan Teknologi ),  Sekarang ini setalah dahulu dikata Dunia TI ( Teknik dan Indutries ). Rasanya kita akan ketinggalan lebih Jauh jika tidak mengikuti perkembangan dalam dunia IT seperti halnya pada  OS (Operating System) yang sudah berkembang. dalam OS ini banyak  software-software yang semakin kompetitif baik biaya maupun fitur-fiturnya.

Seperti Halnya WINDOWS dengan segala perkembangannya adalah salah satu OS (Operating System) yang sangat populer dan banyak dipergunakan di dunia Termasuk di Indonesia, namun ada pertanyaan,..???????? Nah bagaimana dengan Indonesia……..yah sangat banyak yang menggunakan WINDOWS dengan berbagai versinya, trus bagaimana dengan lisensi??????? ….??… pasti pake aji mumpung,…jadi pakai saja dulu…tanpa ada yang tahu,..enak nyantai kayak di pantai,.., terus bagaimana kalau ketahuan sama penegak hukum, (bisa juga diajak damai…..cukup nyolek dikit langsung tutup rapat,………….. tapi tergantung penegak hukumnya juga sih..) kayak belum tahu ajah system sanksi di Indonesia. Indonesia kaya akan segalanya dari Sumber Daya Alam sampai Sumber Daya manusia,…..Baik Laut, Darat, dan Udara Nah disini,…Indonesia Kaya juga dengan Politikus dan Koruptor satuhal yang kurang kaya di Indonesia Yaitu Kejujuran sudah sulit,……jadi Halnya para tikus,..susah di Habisi,….Mati satu Tumbuh seribu,…Ibarat Pohon Ilalang,..dibakar Habis tumbuh Tunas baru,…….

Kalau begitu jika kita tidak membeli OS Windows secara resmi rasanya tidak nyaman untuk menggunakannya dan memproses data yang ada,..yang kita butuhkan jika sembunyi tangan membalik lidah, alias mencuri-curi, atau Pinjam Tanpa Bilang-bilang ke pemilik Asli,…yah kalau ingat mencuri jadi dosa dong…. ups… Dosa apa Dorong Saja……itu yang di pikir,…dan kata yang lajim sering di ucap TAR..( Tar dulu, Tar ach,..Tar belum ketahuan ) oleh karena itu supaya kita bisa menggunakan komputer beserta OS nya termasuk software-softwarenya Happy and Fun atau secara aman dan nyaman.  caranya : Beli OS (Operating system) WINDOWS secara resmi serta software-softwarenya lainnya, kalo gak beli masa computer dirumah Mesti Jadi bangkai berdebu dan tidak aktif,…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! atau di jadikan maenan ma adik buat rumah – rumahan,……………….??????????????

Sebenarnya ada cara mudah dalam mengatasi semua ini,….., aman dan nyaman, dan tidak memakan bayak pikiran baik luar maupun dalam yaitu OS (Operating System) dan software yang gratis Bin Cuma-Cuma Betul.,…..betul,…betul,…enaknye boleh ku coba,…????????????? Yeeeeeeeeeeeeelah,…….mang pake OS apalah ko Ampe Gratisnye,…………. Yaaaaaaaaaa adelah Linux Laaaahhhhhhhhhhh,………..ha sebisa-bisa kau lah itu,( yang ngomong kena virus upin ipin ) ehhhhhhhhh beneran,………Mang kyk gimana,….

Mungkin Bagi kita mendengar LINUX yang ada di benak kita adalah “SUSAH” aneh Ga ngerti bin Abot. Sekarang rasanya tidak susah lagi, karena LINUX terutama DISTRO-DISTRO cek urang sunda mah warung trendy cenah,..nu aya lampu harurung,… saat ini rata-rata sudah dan bahkan menyamai GUI (Graphic User Interface) Windows. Jadi susahnya dimana bahkan hampir saja seluruhnya berbahasa INDONESIA coba gunakan BlankOn, Tapi bukannya yang suka depakai dikepala,……………!!!!!!!!!!. Tapi jangan lupa bahwa Linux sangat bisa menggunakan CLI (Command Line Interface) dan perlu diketahui bahwa pada dasanya Linux menggunakan perintah CLI. Ada satu lagi keunggulan dari OS Linux yaitu “OPEN SOURCE” apaan tuh….??? Open Source maksudnya adalah bahwa OS Linux dikembangkan oleh banyak orang atau kelompok-kelompok Atau sasarengan ( Urang Sunda) pengguna linux yang tersebar di seluruh Alam Dunya alias bumi yang saling bekerjasama satu sama lainnya yang memanfaatkan “SOURCE CODE” (kode sumber) yang terbuka dan dapat dikembangkan oleh siapa saja, yang menjadi cikal bakal dari komunitas-komunitas kemudian memungkinkan untuk membuat distro-distro linux, dan semuanya dikerjakan tanpa dipungut bayaran (Gratis).

Berbicara DISTRO Linux untuk saat ini lebih dari ratusan distro www.distrowatch.com, terus pertanyannya adalah distro mana yang lebih bagus dan okelah, berbicara bagus sangat tergantung dari distro linux tersebut yang mengembangkanya. Karena masing-masing distro memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Berikut ini lihat beberapa ringkasan distro :

Komunitas bentukan Red Hat sengaja dibuat untuk memisahkan antara bisnisnya dan kontribusi dalam pemgembangan linux. Fedora merupakan komunitas yang konsisten dalam menepati janjinya untuk meliris versi baru setiap enam bulan sekali. fedora versi pertama dinamai Fedora Core 1 hingga saat ini sudah merilis versi 13 (April 2010). www.fedora.or.id

Distro ini yang sangat populer di Indonesia, karena merupakan pilihan yang tepat bagi kita dimana linux terasa mudah digunakan GUI nya sudah menyamai GUI nya Windows. www.ubuntu.or.id

Ditro ini rasanya kuirang populer di Indonesia, padahal dibuat untuk menciptakan sistem operasi gratis dengan kualitas tinggi. Walaupun Debian mempunyai paket aplikasi yang banyak tapi mampu terorganisasi dengan baik. www.debian.org

RedHat telah menjelma menjadi sebuah perusahaan komersial yang berbasis FOSS (Free Open Source Software) yaitu perusahaan yang berkonsentrasi pada layanan jasa dan dukungan implementasi linux untuk pengguna di Enterprise yang butuh kestabilan, kehandalan dan kinerja yang tinggi dengan produk utamanya adalah Red Hat Enterprise Linux (RHEL). www.redhat.com

dan lain-lain www.distrowatch.com

Tampaknya begitu banyak distro diatas yang mana yang harus di pelajari dan diambil sebagai bahan pelajaran, ada yang sering muncul yaitu pertanyaan yang sering muncul dari Kebanyakan orang yang mau Banting setir atau over haluan ke linux, terkadang banyak orang terjebak pada beberapa pilihan yang pada akhirnya tidak memilih salah satu distro untuk dipelajari yang ada hanya koleksi instalasi OS (Operating System).

Menurut penulis distro yang mana pun kita pilih semua baik dan bagus adanya, sebab pada pasarnya semua distro yaitu UNIX, dan perintah-perintah dasar hampir sama semua distro hanya ada beberapa perbedaan pada masing-masing distro. Sebagai contoh pada semua distro untuk melihat isi file maka kita akan mengetikkan pada konsole #ls, dan untuk melihat keterangan atau modul ls kita akan mengetikkan di konsole #man ls, dan banyak contoh lainnya, Namun pada perintah lain tentunya akan ada perbedaan contoh : untuk menginstal pada Fedora menggunakan perintah # yum, sedangkan pada turunan debian seperti Ubuntu menggunakan perintah #apt-get dan banyak lainnya.

Acuan Menarik :

Linux Sangat Mempesona Tampilannya,…dan Mengasikan ( Eloknye,… ) cakep,..cakep,..cakep…Betul,..Betul,..Betul,….Upin – Ipin

Linux Gratis dan Bebas

Mudah dan gampang (dengan modal bahasa Inggris sedikit yah,…litle-litle know Lah,… kalau ngak bisa tanya om… google translate kalo g ada juga yah Tante Google ), cukup ketikkan perintah #man kemudian perintah linux.

contoh:

#man ls

#man chmod

#man mkdir

#man ifconfig

#man cp

dll

Ditulis dalam Linux

2 Komentar

  1. ADuh pusing belajar tentang linux,…
    yah walau gimanapun dari pada tidaksama sekali.
    kan setidaknya tau apa dan bagaimana tentang linux itu,…..

  2. linux bagus tampilan’a,….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Flickr Photos

    Ceannabeinne

    Cuckoo, Cuckoo

    b r û l é e | marin county, california

    Lebih Banyak Foto
  • April 2010
    M S S R K J S
         
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

    Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

  • Top Rated